Fungsi Microsoft Excel :
Fungsi utama program microsoft excel adalah sebagai aplikasi atau software pengolah angka. Fungsi atau kegunaan microsoft excel dalam pekerjaan sehari-hari lainnya antara lain:
- Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisa, meringkas data.
- Melakukan perhitungan aritmatika dan statistika.
- Membantu menyelesaikan soal-soal logika dan matematika
- Membuat berbagai macam grafik dan diagram.
- Membuat catatan keuangan, anggaran serta menyusun laporan keuangan.
- Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dan lain-lain.
- Melakukan analisa serta riset harga.
- Membuat daftar hadir serta daftar nilai sekolah maupun universitas.
- Melakukan konversi mata uang.
- Melakukan perhitungan dari hasil sebuah penelitian.
- Dan lain sebagainya.
Bidang Akuntansi
Contoh penggunaan program Microsoft Excel dalam akuntansi antara lain menghitung laba/rugi perusahaan, mencari laba suatu periode, dan menghitung gaji karyawan.
Kalkulasi Matematis
Kalkulasi matematis digunakan dalam mencari data dari hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, serta berbagai macam variasinya.
Pengelolaan Data
pemanfaatan Excel dalam mengelola data yaitu mengelola data base statistik, mencari nilai tengah, rata-rata, dan pencarian nilai maksimum serta nilai minimum sebuahd ata dan lain sebagainya.
Pembuatan Grafik
Excel dapat digunan untuk membuat grafik, misal grafik perkembangan jumlah penduduk selama beberapa periode, grafik perkembangan jumlah siswa dalam sebuah lembaga pendidikan, grafik kunjungan siswa ke perpustakaan, grafik kelulusan dan sebagainya.
Operasiq Tabel
Jumlah baris yang tersedia dalam Excel mencapa 1.084.576 dengan jumlah kolom 16.384, maka kamu tidak akan merasa sulit apabila harus menginput data dengan jumlah besar.
https://amp.kompas.com/tekno/read/2022/02/10/14150067/mengenal-microsoft-excel-beserta-manfaat-dan-rumusnya
https://samudranesia.id/kegunaan-microsoft-excel/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar